Pertemuan Rutin Forum Komunikasi Desa Wisata Jawa Tengah PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 25 Januari 2016 00:00

SRAGEN, fedepsragen.org - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah yang bekerjasama dengan Forum Komunikasi Desa Wisata Jawa Tengah (FKDW) telah menyelenggarakan pertemuan rutin Forum Komunikasi Desa Wisata Jawa Tengah pada 21-22 Januari 2016 di Desa Wisata Kepuhsari, Kabupaten Wonogiri. Dalam pertemuan tersebut mengagendakan rapat koordinasi dan sinkronisasi program FKDW 2016-2017 dan rencana penyusunan Buku Direktori Profile Desa Wisata. Turut hadir dari perwakilan Satker Kepariwisataan Kab/Kota se-Jawa Tengah, perwakilan Desa Wisata anggota FKDW Jawa Tengah, perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Tengah, perwakilan Dinbudpar Provinsi Jawa Tengah. Adapun utusan dari Kabupaten Sragen antara lain Sukamto dan Karmo (Penggiat Desa Wisata Betisrejo) serta M. Al Aziz perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sragen.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut terdapat kegiatan di antaranya diskusi dan rapat koodrinasi, menyaksikan atraksi wisata dan kunjungan destinasi wisata yang disajadikan paket wisata.

Hasil diskusi dan rapat koordinasi ialah meningkatkan cara efektifitas jadwal kegiatan sehingga dapat dimanfaatkan untuk evaluasi dan diskusi, penyusunan buku Direktori Desa Wisata yang masih terkendala pengumpulan data profil dari 50-an desa wisata di Jawa Tengah, baru 22 desa wisata yang mengumpulkan serta dihimbau untuk desa yang belum mengumpulkan data profile segera mengumpulkan dan pertemuan rutin Forum Komunikasi Desa Wisata Jawa Tengah (FKDW) akan dilaksanakan berikutnya pada bulan April 2016. Selain itu juga terdapat permasalahan yang dihadapi pengelola desa wisata salah satunya masih rendahnya partisipasi masyarakat terhadap aktifitas desa wisata.

Atraksi wisata dan potensi wisata di Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyarejo, Kabupaten Wonogiri memiliki kesenian dan pementasan wayang kulit. Tidak hanya pementasan wayang di Desa Wisata Kepuhsari juga terdapat pembuatan wayang kulit di galeri dan rumah-rumah penduduk. Selain itu keindahan alam menyajikan air terjun Banyu Tibo, sunrise di Lembah Ombo dan terdapat kehidupan masyarakat di Kampung Batu. Dari semua atraksi dan keindahan Desa Wisata Kepuhsari perlu evaluasi  terhadap potensi wisata antara lain galeri wayang kulit miliki Pokdawis Tetuko agar ditata dengan rapi, perlu pembinaan pengelolaan homestay serta segera disediakan toilet umum di destinasi wisata yang dituju.

LAST_UPDATED2
 
FORUM REMBUG KLASTER IKAN PDF Cetak E-mail
Oleh arin   
Minggu, 24 Maret 2013 03:49

SRAGEN – FEDEP Kab. Sragen menyelenggarakan Forum Rembug Klaster (FRK) di Desa Tenggak, Sidoharjo Sragen pada hari Sabtu 23 Maret 2013. FRK merupakan kegiatan rutin fasilitasi FEDEP kepada semua klaster di kabupaten Sragen 2013. Pada tahun 2013 ini akan dilaksanakan FRK pada 3 klaster untuk keseluruhan.

FRK klaster ikan patin dan Lele ini merupakan tindak lanjut hasil monev klaster FEDEP dan produk unggulan pada tahun 2012, dimana peternak ikan patin membutuhkan pelatihan untuk mendayagunakan bantuan alat produksi untuk membuat produk ikan olahan yang diberikan oleh Pemprov Jateng melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Sragen.

Unsur yang hadir terdiri dari Bappeda Kab. Sragen, Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Sragen, FEDEP dan forum klaster ditambah peserta dari peternak ikan patin yang berada di Desa Tenggak, Sidoharjo sebanyak 35 orang. Acara diisi pelatihan oleh pengusaha kripik dan abon ikan Pak Kusno dari pelatihan ini diharapkan akan mendukung rencana Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Sragen yang akan membangun showroom makanan olahan berbahan dasar ikan.(Rin)

LAST_UPDATED2
 
FEDEP Kabupaten Sragen PDF Cetak E-mail

Salah satu program utama Pemerintah Kabupaten Sragen dalam bidang pembangunan adalah pembangunan bidang ekonomi khususnya ekonomi kerakyatan. Peningkatan pembangunan pada sektor ekonomi kerakyatan sangat diperlukan karena sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada di Kabupaten Sragen. Mayoritas pelaku usaha baik sektor industri, jasa maupun perdagangan adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Sragen disamping untuk menciptakan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatkan kesempatan berusaha masyarakat juga merupakan sarana menciptakan demokratisasi ekonomi.

Untuk merealisasikan misi tersebut, maka dalam rangka pengembangan UKM diperlukan adanya peran serta stakeholder secara luas yang merupakan wujud kemitraan antara pelaku usaha, masyarakat dan birokrat dalam proses penentuan kebutuhan pengembangan, perencanaan dan pelaksanaan serta monitoring evaluasi.

SEKRETARIAT :
FEDEP KABUPATEN SRAGEN / DEKPK KABUPATEN SRAGEN
Jalan Veteran No. 78 Taman Asri Sragen 57221
Telp. (0271) 891743
LAST_UPDATED2
 
<< Mulai < Sebelumnya 11 12 13 14 15 16 17 Berikutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Pengunjung Online

Terdapat 6 Tamu online

Klaster FPESD SRAGEN

 

http://www.fedepsragen.org/

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini14
mod_vvisit_counterKemarin18
mod_vvisit_counterMinggu ini211
mod_vvisit_counterBulan ini1235
mod_vvisit_counterTotal164874