Klaster Ikan PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 11 Agustus 2008 22:13
KONDISI KLASTER IKAN

Kondisi bidang perikanan di Kabupaten Sragen berdasarkan sumber daya alam memiliki potensi yang sangat besar khususnya perikanan darat yaitu adanya sungai yang mengalir sepanjang tahun dan adanya waduk yang merupakan modal dasar bagi pengembangan usaha di sub sektor perikanan baik penangkapan maupun budidaya. Salah satunya adalah Waduk Kedung Ombo (WKO) yang sangat cocok untuk pengembangan ikan dengan karamba di WKO mempunyai luas genangan air 4.600 Ha, sebagian besar luas genangan tersebut berada di wilayah Kabupaten Sragen, yaitu seluas 2.830 Ha.

Luas Kolam                  = 37,02 Ha

KJA                            =   2,80 Ha

Unit Pembenihan rakyat = 5.665 m2

BUDIDAYA IKAN

· NILA MERAH

Nila merah merupakan komoditas ikan unggulan Kabupaten Sragen. Sentra budidaya nila merah Kabupaten Sragen berada di Waduk Kedung Ombo dengan sistem budidaya Karamba Jaring Apung (KJA). Setiap tahun jumlah produksi selalu meningkat, berdasarkan data terakhir ikan nila merah mengalami kenaikan produksi sebesar 1,01% atau 1.288.916 kg. Di tahun yang akan datang diharapkan dapat mencapai produksi sebesar 1.306.961 kg.

· KARPER

Karper atau Ikan Mas merupakan salah satu jenis ikan pilihan untuk dibudidayakan di KJA Waduk Kedung Ombo. Produksinya selalu meningkat di setiap tahunnya. Berdasarkan data tahun terakhir, jenis ikan ini mengalami kenaikan sebesar 1,0% atau 654.758 kg.

· LELE DUMBO

Jenis ikan ini menjadi primadona untuk budidaya kolam rakyat, karena singkatnya masa pemeliharaan yaitu 4 bulan sudah panen. Berdasarkan data tahun terakhir, peningkatan produksi ikan ini yaitu sebesar 1,01% atau produksi sebesar 229.479 kg.

· GURAMI

Akhir-akhir ini gurami mulai banyak diminati oleh para pembudidaya ikan di kolam, meskipun masa pemeliharaan cukup lama yaitu 10-12 bulan tetapi ikan ini bernilai ekonomis tinggi dengan banyaknya permintaan pasar. Data terakhir menunjukkan peningkatan produksi sebesar 1,05% atau produksi sebesar 59.282 kg.

· PATIN

Ikan Patin menjadi pilihan untuk pengembangan diversifikasi budidaya dan peningkatan produksi perikanan karena ikan jenis ini mempunyai nilai ekonomis tinggi dengan sasaran konsumen menengah ke atas. Ikan ini mulai banyak diminati oleh para pembudidaya sehingga produksinya mulai mengalami peningkatan yaitu sebesar 132.740 kg.

UNIT PEMBENIHAN RAKYAT (UPR)

Unit Pembenihan Rakyat (UPR) merupakan kelompok usaha perikanan yang bergerak dalam usaha pembenihan lele dumbo. Alasan pemilihan ikan jenis ini karena mempunyai banyak keunggulan, antara lain :

  • Teknik pembenihan lebih mudah
  • Harga benih lele dumbo masih cukup tinggi
  • Tingkat keberhasilan pembenihan tinggi
  • Permintaan pasar benih lele dumbo cukup tinggi

Di Kabupaten Sragen sudah banyak berkembang usaha budidaya terutama usaha pembenihan atau Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang tersebar di 12 kecamatan. Total usaha UPR adalah 5.665 M2 dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 229 RTP (Rumah Tangga Perikanan) mampu memproduksi benih rata-rata 8.500.000 ekor per tahun.

CONTACT PERSON
Bidang Perikanan
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sragen
Jl. Anggrek No. 32 Sragen Telp. 0271-891051
LAST_UPDATED2
 

Pengunjung Online

Terdapat 8 Tamu online

Klaster FPESD SRAGEN

 

http://www.fedepsragen.org/

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini4
mod_vvisit_counterKemarin19
mod_vvisit_counterMinggu ini67
mod_vvisit_counterBulan ini772
mod_vvisit_counterTotal138052