Klaster Batik PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 11 April 2016 06:00

SRAGEN, fedepsragen.org - Batik merupakan salah satu dari enam komoditas unggulan Kabupaten Sragen, yang merupakan suatu kebanggaan masyarakat dan Pemerintah di Bumi Sukowati yang mampu memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Batik juga merupakan salah satu dari 6 klaster FEDEP / DEKPK Kabupaten Sragen.

Seiring dengan laju perkembangan tekstil dan industri, batik Sragen selalu berinovasi baik dalam segi desain, corak, pasar maupun teknologi. Bahkan dalam upaya memenuhi permintaan pelanggan, teknologi batik Sragen semakin maju dengan adanya teknik "Batik Cabut Kombinasi" yang merupakan rekayasa batik tradisional dengan teknik modern. Bahkan batik cabut ini sangat mendominasi dari semua produk batik di Sragen.

KAWASAN DAN POTENSI BATIK SRAGEN

Batik Sragen tumbuh dan berkembang mengalir seiring dengan aliran Sungai Bengawan Solo karena letaknya yang berada di kedua sisi sungai atau pinggir kali yang karenanya sering disebut dengan Batik Girli. Poten batik Sragen cukup besar dengan didukung oleh 85 pengusaha, yang menyerap tenaga kerja sebanyak 2.739 orang dengan kapasitas produksi sebanyak 39.702 potong per bulan dengan aneka jenis batik yang berupa bahan sandang dan interior. Sedang potensi batik tersebar ke berbagai kota di Indonesia.

TEKNOLOGI BATIK CABUT

Pada umumnya teknik batik diawali dengan mencanting lebih dulu proses pewarnaan, akan tetapi teknik bati cabut justru mewarnai dulu baru dilakukan pembatikan, kemudian dilakukan pewarnaan yang kedua dan finishing.

KEUNGGULAN

Batik cabut kombinasi memiliki beberapa keunggulan yaitu :

  • Proses lebih cepat
  • Hasil lebih halus
  • Warna lebih kuat
  • Sulit membedakan dengan batik asli

KELEMAHAN

  • Tidak bisa dikerjakan malam hari
  • Tergantung pada pengering panas matahari
  • Harga alat mahal

Jumlah UMKM yang ada di sragen berjumlah 546 UMKM dan jumlah tenaga kerja yang berkecimpung di UMKM batik berjumlah 1.447 tenaga kerja, UMKM tersebar di Kecamatan Masaran yang ada di desa pilang, desa kliwonan, desa sidodadi dan Kecamatan Plupuh di desa pungsari, desa sambirejo, desa jabung gedong. Omzet pertahun di klaster batik sebesar Rp 12.740.000.000,- pertahun.

Dengan demikian batik cabut Sragen merupakan salah satu produk batik disamping batik tulis tradisional yang perkembangan pasarnya cukup luas dengan berbagi permintaan baik untuk seragam kantor, seragam orang punya kerja maupun kebutuhan batik sehari-hari dengan harga terjangkau.

Contact Person :

  1. BDS Jaka Tingkir (Suwanto AR) Telp. 0271-5866371
  2. Manajer Desa Wisata batik (Johny Adhi Aryawan) Telp. 0271-5864055
  3. Forum Rembug Klaster Batik (H. Sumarsono) Telp. 0271-5864055, 0271-5890565
LAST_UPDATED2
 

Pengunjung Online

Terdapat 5 Tamu online

Klaster FPESD SRAGEN

 

http://www.fedepsragen.org/

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini7
mod_vvisit_counterKemarin19
mod_vvisit_counterMinggu ini70
mod_vvisit_counterBulan ini775
mod_vvisit_counterTotal138055